gKuxJTc9wzxiAA8SLrRNu2qhDmr6N19JwxbBvkBa

Gampang! Ini 3 Langkah Mudah Cara membuat Urap Sayuran


ResepMasakGampang.com - Hallo Kokiers, masak apa ya hari ini? 
Kalau ngomongin soal menu masakan, mungkin untuk yang baru menikah (hihihiii) akan bingung nih hari ini masak apa ya? lauknya apa ya? sayurnya apa yaa? 

Nah makanya terus ikuti ResepMasakGampang.com yaaa... karena kita akan selalu sharing menu masakan rumahan yang simple, sehat, dan hemat. 

Kali ini kita akan sharing menu sayur mayur dicampur bumbu kelapa, yang rasanya uuuh... bikin nambah terus... Kalau orang jawa nyebutnya Urap Sayur

cara membuat urap sayuran

Resep urap sayuran ini sudah lengkap ya kokiers dengan bumbu urap jawa yang enak.. hehehe.

Seperti biasa, sebelum masuk ke resep urap, yuk kita lihat dulu manfaat-manfaatnya dari si menu ini... 


Manfaat Bahan

Bahan utama si urap ini adalah daun singkong, tauge, kacang panjang, dan kelapa yang nanggung nih kokiers.. dibilang muda, nggak muda banget... dibilang tua juga nggak tua-tua banget.
Manfaat Daun singkong: mengandung nutrisi penting termasuk vitamin, protein, mineral, dan asam amino alami, yang mana semuanya mengandung masing-masing manfaat. Protein yang terkandung dalam daun singkong bermanfaat membentuk sel tubuh dan melancarkan sistem enzim dalam tubuh. 
Manfaat Tauge: melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, sirkulasi darah, dan memulihkan anemia; menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke, menyehatkan dan menumbuhkan rambut. 
Kacang Panjang: meringankan nyeri haid, membantu membentuk kulit sehat dan cerah, baik untuk kesehatan jantung, menangkal radikal bebas, menurunkan kadar glukosa.
Kelapa: kelapa muda penuh gizi dan nutrisi bagi tubuh, kandungan serat tinggi, baik untuk pencernaan, dapat mengurangi tekanan darah, melawan diabetes. 


Resep Urap Sayur

Resep ini untuk 10 porsi.

Siapkan alat

  1.  Kompor
  2. Wajan
  3. Spatula 
  4. Talenan
  5. Pisau

Bahan dan Bumbu Urap Sayur

  1. Daun Singkong 1 Ikat (Rp 2000)
  2. Kacang panjang 1 kg ( Rp 7000)
  3. Tauge 1/2 kg (Rp 8000)
  4. Kelapa Parut muda 1/2 kg (Rp 5000)
  5. Cabe kering 1/4 ons (Rp 500)
  6. Bawang putih 1 siung (Rp 2000)
  7. Bawang merah 5 buah (Rp 1000)
  8. Kencur 1 1/2 ruas (Rp 500)
  9. Daun jeruk 1 buah 
  10. Cabe rawit 7 buah (Rp 1000)
  11. Garam 2 sdm 
  12. Penyedap rasa 


Cara membuat Urap Sayuran

  1. Haluskan semua bumbu urap, kemudian campur dengan kelapa parut lalu disangrai kurang lebih 15 menit, tambahkan garam dan penyedap rasa. (Kalau nggak mau disangrai, kokiers bisa lakukan dengan pengukusan).
  2. Siapkan sayur-sayurannya (daun singkong, tauge, dan kacang panjang), cuci bersih kemudian rebus tiap jenis sayur hingga matang tapi jangan sampai kematangan. 
  3. Setelah bumbu urap dan sayurannya matang, campurkan kedua bahan tersebut, nyampurnya sedikit demi sedikit ya... supaya merata...
  4. Tara.... Urap siap dinikmati... 😍 cepet kaaan?😋

Urap ini cocok dipadukan dengan Mie Goreng, Ayam Goreng, dan Sambel dengan pelengkap Peyek Kacang... waaaah sedaaap banget kokiers... kayak yang lagi author sajikan untuk keluarga hari ini... hehehehe...

Oh iya kokiers karena bahannya ada yang dari kelapa, jadi urap sayur ini akan basi dalam waktu lebih dari 8 jam. 

Supaya lebih awet, menyampur bumbu dan sayurnya sesuai porsi saja ya... misalnya pas untuk satu kali makan. Jadi bumbu kelapa dan sayurnya masih dalam keadaan terpisah dan bisa dimasukan di dalam kulkas.

Baca juga: Cara Membuat Peyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih

Nah... itulah Resep Urap Sayur ala Resep Masak Gampang, masaknya super simple, cepet banget, dan bonusnya sehat!😍 Selamat mencoba di rumah ya Kokiers... 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar