gKuxJTc9wzxiAA8SLrRNu2qhDmr6N19JwxbBvkBa

Resep Sayur Lompong

ResepMasakGampang.com - Hallo Kokiers, jumpa lagi dengan kita hari ini.
Kali ini kita akan sharing cara masak sayur lompong ni kokiers... Kita kasi nama dia "SAYUR LOMPONG ASAM PEDAS".... hehehe.

Resep Sayur Lompong by resepmasakgampang.com


Kokiers tau semua apa itu Lompong? Lompong itu bahasa lain atau istilah untuk bagian batang keladi  atau talas ya kokiers... Jangan bingung sayur apa ini... hahahaha... 

Oh ya... Penting juga untuk mengetahui bahwa tidak semua jenis lompong bisa dimasak ya kokiers. Kita harus mengetahui yang bisa dimasak dan yang tidak, jika salah pilih bisa berakibat fatal salah satunya gatal ditangan dan saat dimakan. 

Lompong keladi atau talas yang bisa dimakan antara lain lompong dari talas bogor, bentul, belitung, bali, kimpul, lompong sagu, keladi pari (nama-nama ini mungkin berbeda-beda pada setiap daerah). Nah pada resep kali ini kita menggunakan keladi pari. Walaupun ini sudah termasuk jenis lompong sayur namun disini kita akan sharing dan berbagi tips cara memasak sayur lompong agar tidak gatal.


Manfaat Keladi:

Salah satu harapan kita saat konsumsi sayur adalah karena manfaat sayur untuk kesehatan bukan? "Supaya sehat jangan lupa makan sayur ya!" Begitu katanya... 😂 

Nah... manfaat sayur keladi atau sayur lompong ini adalah menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah terjadinya komplikasi penyakit, dan sayur ini baik untuk ibu hamil. Syukurnya sayur yang banyak manfaatnya untuk kesehatan ini mudah didapat ya kokiers... harganya juga murah... hehehee... Semoga kita semua sehat selalu ya... Amin...


Resep Sayur Lompong

Resep ini untuk 6 porsi.

Siapkan Alat:

  1. Kompor
  2. Wajan
  3. Spatula
  4. Talenan
  5.  Pisau

Bahan:

  1. Keladi 1 kg masih dalam keadaan utuh (Rp. 5.000)
  2. Cabe merah giling ( Rp.2000)
  3.   Bawang Putih 5 buah (Rp.1.000)
  4.  Bawang merah 5 buah (Rp.1000)
  5.  2 lembar daun salam
  6.  Asam jawa 1 biji
  7. Garam 1sdm
  8. Penyedap rasa


Cara Masak Sayur Lompong:

  1. Lompong yang baru diambil/ dibeli disiang terlebih dahulu dibuang kulit arinya pada bagian batang, dan dikupas pada bagian buahnya, kemudian dipotong-potong, kokiers bisa menggunakan plastik pada saat menyiang lompong, karena getahnya sulit hilang ditangan dan bisa menyebabkan gatal. 
  2. Cuci bersih lompong berkali-kali sampai benar-benar bersih ya, lalu rebus lompong keladi sekitar 3 menit agar getah nya hilang, lalu tiriskan. 
  3. Haluskan bawang putih dan bawang merah.
  4. Siapkan kompor dan wajan, tambahkan minyak sedikit kedalam wajan lalu nyalakan kompor.
  5. Tumis bumbu hingga tercium aroma, tambahkan cabai giling (cabai merah kering yang sudah dihaluskan) kira- kira 2sdm, atau bisa sesuai selera mau pedas atau tidak, lalu masukan daun salam 2 lembar dan asam jawa satu biji.
  6. Masukan sayur lompong yang sudah direbus, tambahkan sedikit air untuk kuah (tapi jangan terlalu banyak), tutup selama 3-5 menit.
  7. Setelah ditutup 3-5 menit, baru tambahkan garam 1 sdm dan penyedap rasa sesuai selera.
  8. Aduk sebentar sekitar 1 menit, agar bumbu benar-benar meresap. 
  9. dan...... Taraaaa......
  10. Hidangkan dan SAYUR LOMPONG ASAM PEDAS siap dinikmati.


Nah, itulah tadi Resep Sayur Lompong ala Resep Masak Gampang, masaknya super simple bisa untuk variasi makanan saat dirumah seperti ini, selalu jaga kesehatan ya kokiers. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar