Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

Selamat malam kokiers yang baik hati dan penuh kasih pada keluarga... hehehehe...
Lagi kumpul keluarga ya? Anak-anak udah mulai mau tidur? Naaah... Sudah saatnya nih kita siapin menu untuk besok... hehehheee...

Pada kesempatan kali ini, Resep Masak Gampang mau share satu resep lauk yang ueeenak banget ni... Bahan dasarnya kentang. Ngomong-ngomong kentang enaknya dimasak apa ya? Banyak banget sih pilihan cara masak kentang kokiers... Salah satunya adalah dengan dibuat jadi Sambal Goreng Kentang.

Memang enak banget si sambal goreng kentang tuh... bahkan kalau ada resepsi acara apa gitu selalu ada tuh sambal goreng kentang sebagai hidangannya. gak heran banyak yang cari resep sambal goreng kentang.

Nah... Kokiers udah pada tau dong manfaat kentang bagi tubuh? Kalo ada yang belum tau... Nih kita kasi tau deh... heheehe...

Kentang adalah salah satu pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat terutama untuk orang yang sedang diet karena kandungannya yang lebih rendah gula dibandingkan dengan nasi.
Selain itu, kentang juga mengandung antioksidan, baik untuk pencernaan, menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, dan karena dia rendah gula, mengkonsumsi kentang akan membantu kita mengendalikan gula darah dan baik untuk penderita diabetes asal dikonsumsi dengan tidak ditambah dengan gula di resep ya. (hellosehat).

Okay, kembali ke cara memasak sambal goreng kentang. 😁

Sambel Goreng Kentang
Ini dia Resep Sambal goreng Kentang ala Resep Masak Gampang.

Siapkan Alat:

  • Kompor
  • Wajan
  • Pisau
  • Baskom 
  • Talenan 

Bahan (untuk 10 Porsi):

  1. Kentang 1/2 kg    (Rp 18.000)
  2. Buncis 1/4 kg      (Rp 8.000) 
  3. Tahu 10 buah       (Rp 6.000)
  4. Bawang Putih 8 siung     (Rp 2.000)
  5. Bawang Merah 8 siung   (Rp 2.000)
  6. Cabe Kering 1/2 ons       (Rp 3.000) 
  7. Lengkuas 1 siung            (Rp 500)
  8. Serai 2 buah                    (Rp 500)
  9. Daun salam 2 lembar      (Rp 200)
  10. Daun jeruk 2 buah         (Rp 200)
  11. Garam 
  12. Penyedap rasa
  13. Total budget = Rp 41.800 (±)

Cara Membuat:

  1. Potong-potong kentang, Tahu, dan buncis (jangan lupa dicuciπŸ˜‚).
  2. Goreng Tahu dan kentang hingga setengah kering .
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe Kering, lengkuas, dan daun serai. 
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tunggu hingga tercium aroma harum kemudian tambahkan daun salam dan daun jeruk. 
  5. Masukan Buncis, oseng hingga 3 menit, 
  6. Kemudian masukan kentang dan tahu yang telah digoreng tadi, aduk hingga merata. 
  7. Masak semuanya tadi hingga 10-15 menit, hingga bumbu meresap merata. 
  8. Setelah bumbu tercampur dan meresap merata, maka sambel goreng kentang siap dinikmati. 😍
Jangan lupa masak dan sajikan makanan dengan kasih sayang ya... 😘

Nah... Sekian Resep Masak Sambal Goreng Kentang ala Resep Masak Gampang.
Selamat mencoba di rumah ya Kokiers... Jangan lupa share di komentar ya gimana rasa hasil masakannya...😁

Sampai jumpa lagi di resep selanjutnya...

 Lihat juga resep lainnya disini yaaa.... πŸ˜‰

Berikan Komentar

Share dong gimana hasil masakan kokiers... 😁

Lebih baru Lebih lama