Cara Masak Rendang Jengkol

Selamat siang kokiers, bagaimana akitivitas pagi ini? Lancar kan? dan untuk aktivitas yang sedang dilaksanakan atau akan dilaksanakan semoga semuanya berjalan lancar hari ini ya... Amin.

Sesuai yang kita bilang di FB fanpage tadi pagi... khusus penggemar jengkol 😍, hari ini kita akan masak satu makanan favorit kita ini... Menu yang akan kita buat kali ini adalah Rendang Jengkol. 😍
Prosesnya memang agak panjang sih karena kita akan buat dia tidak akan bau berlebihan, atau baunya minimal banget... gosok gigi... hilang deh itu bau... hehehe...  Tapi tenang aja kokiers... cara memasak rendang jengkol ini akan tetep gampang kok karena masih bisa disambil melaksanakan kegiatan/ kerjaan lain… Jadi masih termasuk resep rendang jengkol sederhana.

Resep rendang jengkol ini kita kasi nama Rendang Jengkol Tanpa Bau, karena disini kita akan kasi tau cara memasak rendang jengkol agar tidak bau. jeng jeng jeng... ngehehehee....

Nah kokiers... Jengkol merupakan salah satu buah musiman kokiers... jadi mumpung lagi musim panen nih... Yuk mari kita olah di dapur kita sendiri. Oh yaa.. jengkol memiliki segudang manfaat lhooo, diantaranya manfaat jengkol adalah bisa mencegah penyakit maag, menangkal radikal bebas, pembentukan jaringan tubuh, mencegah anemia, mecegah tulang rapuh dan memperkuat gigi, mengatasi jantung coroner, merampingkan perut, dan mencegah diabetes (doktersehat). Wow banget kan manfaatnya? 😍(liat di bagian merampingkan perut😂😂).

Resep Rendang Jengkol Tanpa Bau
Okay... Gimana cara memasak rendang jengkol?
Ini dia Resep Rendang Jengkol ala Resep Masak Gampang.

Siapkan Alat:

  • Kompor 
  • Wajan 
  • Pisau
  • Blender 
  • Talenan 
  • Baskom 

Bahan (untuk 10 Porsi):

  1. Jengkol 1 kg:                   Rp 20.000
  2. Santan 1 kg:                     Rp 10.000
  3. Kunyit 1 ruas:                  Rp 1.000
  4. Jahe 1 ruas:                      Rp 1.000
  5. Lengkuas 1/2 ruas:          Rp 1.000
  6. Kemiri 5 butir:                 Rp 1.000
  7. Ketumbar 1 sendok:        Rp 500
  8. Bawang putih 10 siung:   Rp 1.000
  9. Bawang Merah 5 siung:  Rp 1000
  10. Sahang 1 bungkus:          Rp 1.000
  11. Daun salam:                    Rp 500
  12. Garam 3-4 sdm
  13. Gula pasir 1 sdm
  14. penyedap rasa sesuai selera

  • Total budget untuk bahan = Rp 38.000 (±)

Cara Memasak:

Proses Persiapan Jengkol sebelum dimasak:
  1. Kupas jengkol dari kulit keras.
  2. Rendam jengkol kurang lebih 2 malam (untuk mengurangi baunya).
  3. Kemudian rebus dengan daun salam agar empuk.
  4. Jengkol yang sudah direbus hingga lunak, digeprek atau dipipihkan, kemudian dicuci bersih.
Proses Memasak si Jengkol:
  1. Haluskan semua bumbu, bisa menggunakan blender atau tumbukan.
  2. Siapkan wajan dan kompor, tambahkan sedikit minyak kemudian tumis bumbu hingga harum, tambahkan daun salam 
  3. Masukan jengkol dan aduk hingga merata. 
  4. Tambahkan santan hingga menutupi permukaan jengkol, kemudian tunggu hingga mendidih, kurang lebih 30 menit.
  5. Tambahkan garam, penyedap rasa, dan gula Pasir
  6. Rendang jengkol yang baru masak biasanya santannya belum kental, sehingga kokiers bisa memanaskannya berkali2, semakin kental santan maka semakin meresap bumbu dan santannya ke dalam jengkol; dan.... 
  7. Taraaaa.... Jengkol siap dinimati. 😍😋
Jangan lupa masak dan sajikan makanan dengan penuh kasih sayang ya kokiers. 😘

Nah... Sekian Cara Masak Rendang Jengkol ala Resep Masak Gampang.
Selamat mencoba di rumah ya Kokiers... Jangan lupa share di komentar ya gimana rasa hasil masakannya...😁

Sampai jumpa lagi di resep selanjutnya...

Berikan Komentar

Share dong gimana hasil masakan kokiers... 😁

Lebih baru Lebih lama