Resep Steamed Vegetables with Peanut Sauce

Hello hellooo Kokiers... Selamat malam... 😁
Gimana kabarnya hari ini? Sehat-sehat selalu kan?

Gimana nih yang lagi bareng mimin menjalankan program diet? hihiihii.... Nggak kebanyakan konsumsi santan kan? 

Demi diet kita nih kokiers... Mimin bakalan share sayur kukus-kukus lagi... Tapi yang kali ini makanan idola semua kalangan nih... Makanan restoran yang disebut "steamed vegetables with peanut sauce" 😎...  atau yang lebih kita kenal dengan nama PECEL SAYUR. πŸ˜‚

www.resepmasakgampang.com
Udah pada tau belum cara membuat pecel sayur? Tenang... kita kasi resepnya... hihihii...
Kalo kita lagi ngomongin pecel sayur, yang paling ditonjolkan adalah bumbu pecel sayur itu sendiri kan? Tenang... Resep Masak Gampang pasti berikan yang eeeenaaak untuk kokiers semua dan tentunya tetep gampang.

Bahan utama kita kali ini adalah daun singkong, kangkung, dan kecambah.
Daun singkong, dedaunan yang sering kita makan atau jadikan lalapan karena enak dan mudah didapat (di Kalimantan) ternyata punya  segudang manfaat untuk kesehatan lho... 

Mencegah penuaan dini (obat awet muda) 😍, membantu regenerasi sel, meningkatkan imunitas tubuh (biar gak gampang sakit), mengatasi penglihatan kabur dan stroke, mengobati diare dan demam, dan juga bisa membantu ibu-ibu hamil menjaga kehamilannya dengan mengatasi anemia pada ibu hamil dan untuk si janin, ternyata daun singkong ini mengandung asam folat yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang janin; itulah beberapa manfaat mengkonsumsi daun singkong (doktersehat).

Okay, langsung saja... Ini dia Resep Pecel Sayur ala Resep Masak Gampang.

Siapkan Alat:

  • Kompor 
  • Wajan 
  • Pisau 
  • Talenan 

Bahan (untuk 4 Porsi):

  1. Daun Singkong 1 ikat:   Rp 2.000
  2. Kangkung 1 ikat:   Rp 3.000
  3. Kecambah 1 ons:   Rp 5.000
  4. Kacang tanah 3 ons:   Rp 5.000
  5. Kencur 1 ruas:   Rp 1.000
  6. Cabe 7 buah:   Rp 1.000
  7. Bawang putih 5 siung:   Rp 1.000
  8. Asam jawa 2 biji:   Rp 500
  9. Gula merah 1/4 bagian kecil (1-2 ons):   Rp 1.500
  10. Garam 2 sdm.
  11. Penyedap rasa secukupnya.
  • Total budget untuk bahan = Rp 20.000 (±)


Cara Memasak:


1. Rebus Sayurannya: Kangkung, daun ubi, dan kecambah hingga lembut (jangan lupa semua sayur dicuci dulu dengan air bersih πŸ˜‚).

2. Bumbu Pecel:
  1. Goreng kacang tanah hingga matang (warna agak kecoklatan), kemudian haluskan bisa ditumbuk atau blender, diresep ini ditumbuk. 
  2. Haluskan bawang putih, kencur, cabe, gula merah dan asam jawa.
  3. Campurkan kacang tanah dengan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. 
3. Tambahkan air sekitar 1/2 gelas pada bumbu pecel kita, hingga teksturnya berupa pasta atau agak encer juga boleh, tapi jangan terlalu encer (nanti nggak enakπŸ˜…).

4. Campurkan bumbu pecel dengan sayur yang telah direbus.

5. Taraaaa.... steamed vegetables with peanut sauce" 😎...  atau PECEL SAYUR ala Resep Masak Gampang siap dinikmati dengan nasi ataupun lontong nasi. Bisa juga ditambahkan sedikit kerupuk untuk pemanis dan kriuk-kriuknya πŸ˜‚... Jangan kebanyakan tapi ya kerupuknya... Ingat diet... πŸ˜‚πŸ˜‚

Jangan lupa masak dan sajikan makanan dengan penuh kasih sayang ya Kokiers... biar keluarga semakin saling menyayangi... 😘


Yup... Sekian resep masak Steamed Vegetables with Peanut Sauce πŸ˜Ž...  atau PECEL SAYUR ala Resep Masak Gampang.
Selamat mencoba di rumah ya Kokiers... Jangan lupa share di komentar ya gimana rasa hasil masakannya...😁

Sampai jumpa lagi di resep selanjutnya...

 Lihat juga resep lainnya disini yaaa.... πŸ˜‰

Berikan Komentar

Share dong gimana hasil masakan kokiers... 😁

Lebih baru Lebih lama