gKuxJTc9wzxiAA8SLrRNu2qhDmr6N19JwxbBvkBa

Resep Mie Ayam Sederhana

ResepMasakGampang.com - Hallo Kokiers ? gimana kabarnya, masih betah dirumah ? masih dong ya, demi kebaikan bersama dan salah satu upaya kita untuk membantu mengatasi wabah COVID-19. 


Ada yang rindu jajan diluar? Oke ResepMasakGampang.com akan memberi solusi agar kokiers tetap di rumah namun bisa menikmati jajanan ala pasar. Kali ini kami akan sharing  salah satu menu jajanan di pasar yang jadi favorit banyak orang yaitu Mie Ayam


mie ayam resepmasakgampang.com

Aduh ribet ga ya buatnya? enggak kok tenang aja, kokiers bisa ajak  anggota keluarga untuk membuatnya, anggap saja q-time hehehe. Kami akan bagikan resep lengkap mulai dari cara pembuatan mie, masak ayam kecap, dan sampai cara membuat kuah mie ayam, beserta tips-tips memasaknya, jadi kokiers pemula juga bisa belajar. 

Manfaat Bahan Utama Mie Ayam:

Bahan utama yang digunakan diantaranya adalah tepung, telur, dan ayam. Nah, kami beritahu manfaat dari komposisinya dulu ya...
  1. Manfaat tepung terigu diantaranya sebagai protein yang sifatnya digunakan sebagai sumber tenaga. 
  2. Manfaat telur pasti sobat sudah paham bener deh ini... sumber protein tinggi yang unggul karena harganya murah.. hehe.
  3. Manfaat daging ayam juga jelas ya... merupakan sumber protein yang bisa membantu tubuh dalam pembentukan otot, membantu metabolisme tubuh, hingga membantu menurunkan kolesterol. 


Resep ini untuk 7 porsi 

Siapkan Alat:

  1. Kompor 
  2. Panci (alat untuk merebus)
  3. Wajan 
  4. Pisau 
  5. Baskom 
  6. Talenan 
  7. Alat Pembuat Pangsit 
  8. Lumpang dan Alu


Resep Membuat Mie

Resep Membuat Mie

Bahan:

  1. Tepung terigu 500 gr (Rp 5.000)
  2. Telur 3 butir (Rp 6.000)
  3. Garam 1 sdm 

Cara Membuat Mie:

  1. Masukan tepung terigu ke dalam baskom lalu tambahkan telur 3 butir dan garam 1 sdm, tambahkan air kira-kira 500 ml. Uleni menggunakan tangan terbungkus plastik ya supaya tetap higenis, diuleni sampai kalis (tidak lengket). NB: air menyesuaikan, kalau belum kalis bisa ditambahkan sedikit demi sedkit. 
  2. Setelah adonan kalis, adonan dibuat dicetak lembaran menggunakan ALAT PEMBUAT PANGSIT/AMPIA, setelah dicetak lembaran, pindahkan ke tuas cetakan Mie. 
  3. Mie yang sudah dicetak ditaburi tepung, agar terpisah-pisah (tidak lengket lagi). 
  4. Siapkan panci lalu isi air sekitar 1,5 L untuk merebus mie, setelah air mendidih masukan adonan mie, tunggu hingga mie muncul ke permukaan lalu angkat. Setelah mie diangkat tambahkan minyak goreng sedikit di atas permukaan mie, 
  5. Lakukan berulang, hingga adonan Mie habis. 
  6. Mie sudah siap. okey Kita lanjut ke resep masak ayam nya. 


Resep Masak Ayam Kecap

Bahan:

  1.  Ayam 1 kg (Rp.33.000) 
  2. Kunyit 1 ruas (Rp 500)
  3. Jahe 1 ruas (Rp 500)
  4. Bawang Putih 5 buah (Rp 1000)
  5. Bawang merah 5 buah (Rp 1000)
  6. Serai 1 batang (Rp 200)
  7. Daun jeruk 3 lembar (Rp 200)
  8. Daun salam 2 lembar (Rp 100) 
  9. Lada bubuk 1/2 bungkus (Rp 500)
  10. Kecap 1 bungkus kecil (Rp 3.500)
  11. Air secukupnya 
  12. Minyak Goreng 

Cara Masak Ayam Kecap:

  1. Ayam dicacah (dipotong kecil), lalu dicuci bersih dengan diberi perasan jeruk supaya mengurangi bau amis. 
  2. Haluskan kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, lada, hingga benar-benar halus ya kokiers, karena hasil penumbukan bumbu sangat mempengaruhi rasa. Untuk serainya cukup digeprek saja (dipipihkan). 
  3. Siapkan wajan, tambahkan minyak goreng sedikit saja kira 2 sdm, ketika sudah panas masukan bumbu yang sudah dihaluskan, selanjutnya masukan serai, daun jeruk, daun salam, diaduk hingga tercium aroma harum bumbu. 
  4. Kemudian masukan ayam aduk sebentar, tambahkan air secukupnya kemudian ditutup. 
  5. Ketika ayam sudah setengah matang, tambahkan garam 1,5 sdm dan penyedap rasa secukupnya diaduk rata, kemudian tambahkan kecap 1 bungkus kecil (sesuai selera). Tutup kembali agar semua bumbu dan kecap meresap kedalam ayam. Masak kurang lebih 20 menit. 
  6. Ayam kecap sudah siap, kita lanjut ke resep selanjutnya yaitu Kuah Mie ayam. 


Resep Kuah Mie Ayam

Bahan:

  1. Air 3 L 
  2. Bawang putih 5 buah (Rp 1000)
  3. Lada bubuk 1/2 bungkus (Rp 500)
  4. Bawang Merah 5 buah (Rp 1000)
  5. Daun Jeruk 2 Lembar 

Cara Membuat Kuah Mie Ayam:

  1. Haluskan bawang putih dan Lada, untuk bawang merah diiris tipis-tipis 
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tepikan dahulu, sementara itu goreng bawang merah hingga kering. Selanjutnya aduk merata dengan bumbu yang ditepikan tadi dan tambahkan daun jeruk (penggunaan daun jeruk disini agar kuah nya terasa segar),  lanjut masukan air tambahkan garam 2 sdm dan penyedap rasa. 
  3. Tunggu hingga kuah mendidih. 
  4. Kuah Mie ayam Siap. 
Naaah... Semua Komposisi Mie Ayam sudah siap tinggal diracik ya kokiers boleh ditambahkan sayur sawi, daun bawang/ daun seledri supaya lebih enak. 😍😍


Nah, itulah Resep Mie Ayam Sederhana ala Resep Masak Gampang, cara membuatnya gak sulit, bisa untuk makan sekeluarga, dan tentunya lebih hemat, dan lebih bersih karena kita mengolahnya di dapur sendiri. Selamat mencoba di rumah ya Kokiers... 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar