Resep Jamu Tradisional

ResepMasakGampang.com - Hai kokiers di rumah, tetap jaga kesehatan ya... dan sesuai anjuran dari WHO, kita wajib menggunakan masker saat berada di luar, yukk dipatuhi bersama demi keselamatan kita semua.

Pada masa pandemi virus corona ini, kita pasti jadi semakin ekstra untuk menjaga kesehatan dengan berbagai cara, diantaranya menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, mengkonsumsi vitamin, dan minum minuman rempah seperti jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh. Oh ya, kokiers juga bisa baca-baca tips dan cara menghadapi virus corona di blog rekan kita si Perawat Baik disini ya.

Nah untuk itu semua, kali ini Resep Masak Gampang akan sharing Resep Jamu Tradisional yang terbuat dari rempah-rempah yang ada di sekitar kita, cara membuat jamu tradisional ini juga sangat simple dan bahan-bahannya juga mudah didapat, dan jangan khawatir soal rasa ya... ini jamu enak kok kokiers. hehehe...



Manfaat Jamu Tradisional

Yuk kita lihat dulu apa saja si manfaat dari setiap bahan untuk membuat jamu tradisional ini. Bahan yang akan kita gunakan diantaranya adalah jahe putih dan jahe merah, temulawak, serai, dan daun kelor.
  1. Manfaat jahe adalah membantu menjaga kondisi jantung, membantu mengatasi gangguan pencernaan,  membantu mengatasi morning sickness,  dan dapat mencegah kanker usus.
  2. Manfaat temulawak diantaranya untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan, mampu mengatasi osteoarthritis, membantu tubuh mengobat penyakit kanker, sebagai obat anti radang, menjadi sumber senyawa anti bakteri dan jamur.
  3. Manfaat serai untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai sumber antioksidan, antimikroba, anti peradangan, detoksifikasi tubuh, mengurangi resiko kanker, membuat pencernaan lebih sehat, atasi tekanan darah tinggi. 
  4. Manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah untuk menyehatkan mata, menurunkan kadar gula, antioksidan, menurunkan kolesterol, gizi untuk ibu menyusui, sebagai anti-penuaan, menyehatkan pencernaan, mengobati cacingan. 
Gimana kokiers? Mantep kan manfaatnya? 
Yuk lanjut....


Resep:

Resep ini untuk 6 gelas. 

Siapkan Alat:

  1. Panci
  2. Pisau 
  3. Talenan 
  4. Kompor 

Bahan Jamu Tradisional:

  1. Jahe putih 3 keping ( 2 ons ) Rp8.000
  2. Jahe merah 2 keping (1 ons) Rp5.000
  3. Temulawak 1 Ruas (1/2 ons) Rp1.000
  4. Serai 2 buah Rp500
  5. Daun kelor Rp500
  6. Gula merah (2 ons ) Rp3.000
  7. Air 3 Liter 


Cara Membuat Jamu Tradisional:

  1. Kupas jahe putih, jahe merah, dan temulawak dicuci bersih, kemudian diiris tipis-tipis, khusus untuk jahe putih dan jahe merah dipipihkan dahulu (digeprek) baru diiris, untuk serai juga cukup dipipihkan.
  2. Siapkan panci, isi air 3 liter, kemudian masukan semua rempah dan juga daun kelor tunggu hingga air setengah panas, lalu masukan gula merah. 
  3. Tunggu sekitar 10 menit hingga mendidih dan gula merah larut. 
  4. Diamkan sejenak, sekitar 5 menit. 
  5. Jamu Tradisional super simple siap dinikmati. Lebih nikmat, dinikmati saat masih hangat (jangan saat panas ya 😅)


Nah, itulah Resep Jamu Tradisional super simple ala Resep Masak Gampang.
Tetap jaga kesehatan, jangan panik apalagi stress dalam menghadapi wabah virus corona saat ini, dan  yang terpenting juga jangan lupa berdoa ya. Stay safe and stay at home kokiers...!

Semoga resep ini bermanfaat ya, selamat mencoba... Sampai jumpa lagi di resep selanjutnya...

Lihat juga resep lainnya disini yaaa.... 😉

Jangan lupa subscribe pake email ke form "Subscribe via Email" di bawah artikel ini ya Kokiers supaya jadi yang pertama dapet pemberitahuan kalo kita update artikel dong ya... 😘

Berikan Komentar

Share dong gimana hasil masakan kokiers... 😁

Lebih baru Lebih lama