gKuxJTc9wzxiAA8SLrRNu2qhDmr6N19JwxbBvkBa

Sambal Goreng Tempe Kering

ResepMasakGampang.com - Hai…haii.. Haloo hai Kokiers....😁😁
Jumpa lagi dengan Resep Masak Gampang disini... 

Sejauh ini kita udah punya lumayan banyak resep untuk sayur... dan.... pas kita lihat, ternyata resep untuk lauknya baru 1 doang... Tempe Goreng Kriuk... πŸ˜… Jadi... kali ini kita akan bikin resep untuk lauk ya... 

Masih gak jauh-jauh dari tempe sih.... karena si dia ini adalah makanan berprotein yang super murah, dan mudah didapat. Kali ini kita buat yang lebih serbaguna dan lebih awet (cocok banget ni buat kokiers yang anak kos atau kokiers yang super sibuk... jadi cuma perlu bikin sekali untuk dimakan berhari-hari). Lauk ini akan awet sampai kurang lebih 1 minggu asal disimpan di toples yang tertutup bagus (dan tentunya dibuat dalam jumlah yang lumayan banyak ya... πŸ˜…Kalo bikinnya sedikit mah... 1 hari juga udah langsung habis). Lauk apakah itu? 

resepmasakgampang.com
Inilah dia... Sambal Goreng Tempe Kering

Okay kokiers... Langsung saja...
Ini dia resep Sambal Goreng Tempe ala Resep Masak Gampang.

Siapkan Alat:

  • Kompor
  • Wajan 
  • Pisau
  • Talenan
  • Spatula
  • Baskom

Bahan:

Resep ini untuk 8 Porsi (8 orang 1 kali makan atau 8 kali makan oleh 1 orang)
  1. Tempe 1 papan besar    (Rp 5.000)
  2. Cabe kering ¼ ons    (Rp 2.000)
  3. Bawang putih 4 siung    (Rp 1.000)
  4. Bawang merah 4 siung    (Rp 1.000)
  5. Asam jawa 1 bgks kecil   (Rp 500)
  6. Daun salam    (Rp 500)
  7. Garam 2 sdm 
  8. Penyedap rasa secukupnya 
  9. Minyak goreng ½ liter    (Rp 7.000)
  10. Gula merah ½ bagian    (Rp 2.000)
  11. Total budget untuk bahan = Rp 19.000  (±)


Cara Memasak:

  1. Potong tempe kecil-kecil.
  2. Panaskan minyak di wajan, lalu goreng tempe hingga setengah garing.
  3. Haluskan/blender cabe kering, bawang putih, bawang merah. 
  4. Iris gula merah menjadi irisan halus.
  5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan; jika sudah tercium aroma bumbu, tambahkan gula merah lalu aduk sebentar. 
  6. Masukan irisan tempe yang telah digoreng, kemudian diaduk hingga merata.
  7. Tambahkan daun salam, asam jawa, garam 2 sdm , dan penyedap rasa sesuai selera.
  8. Masak kurang lebih 15 menit sambil diaduk-aduk agar bumbu merata.
  9. Tara... sambel goreng tempenya sudah matang nih...(ditandai dengan bumbu yang sudah tercampur merata dan meresap ke dalam tempe), 
  10. Pindahkan ke piring.... dan..... Sambel kering tempe siap dinikmati...πŸ˜‹
NB: Sambel goreng tempe ini bisa langsung dijadikan lauk makan nasi doang... Bisa juga didampingi sayur tumis, bisa juga dijadikan pendamping makan mie instan... dan yang Pasti dia adalah lauk wajib untuk nasi kuning khas jawa (nasi kuning ulang tahun)😁😁😁.

Nah... Sekian resep masak Sambel Goreng Tempe ala Resep Masak Gampang
Selamat mencoba di rumah ya Kokiers... 
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar