Tips Diet Sehat - 1 Makan lebih Sering

Hello Kokiers... Selamat sore...

Sudah berapa hari ya nggak berjumpa... hehehee...

Mohon maaf ya... Kita lagi banyak kegiatan di luar nih Kokiers... Jadinya belum sempat bikin resep-resep gampang lagi nih...

Makan lebih Sering (Tips Diet 1)
Sebagai gantinya, Kita bakalan bikin satu kategori baru nih kokiers... "Tips Diet" yang kita akan isi dengan Tips singkat seputar diet, fitness/ kebugaran, yang tetap berhubungan dengan makanan sehat dan tubuh kita.

Semoga kokiers tambah suka ya... 😘

Oke tips kita yang pertama adalah "Makan Lebih Sering".
Lhoooo katanya diet... Kok malah makan lebih sering? πŸ˜‚

Okay... Gini Kokiers... 

Berdasarkan banyak referensi terpercaya dan pengalaman pribadi tim Resep Masak Gampang, makan lebih sering (frekuensi) dengan jumlah yang lebih sedikit akan membantu kita mengurangi berat badan.

Makan lebih sering disini seperti ini:
Jika biasanya Kokiers makan 3x sehari dengan porsi 1 piring penuh setiap makan, cobalah untuk mengubahnya menjadi 5x atau 6x sehari dengan porsi yang lebih kecil.

Jadi dari 1 piring yang kokiers makan sebanyak 3x sehari ini tadi, jadikan 1/2 piring di setiap makan, dengan frekuensi 5x sehari (jumlahnya jadi berkurang 1/2 piring jika ingin menurunkan berat badan atau menghilangkan lemak).

Kenapa dibuat begitu? 
Gini kokiers... tubuh kita ni unik & canggih banget lho... Dia bisa berasumsi sendiri dari apa yang kita lakukan padanya.

Misalnya gini... Kalo kokiers makan sering... tubuh kita akan berasumsi bahwa kita sedang berkelimpahan, maka dengan aktivitas yang cukup (kerja, olahraga, dan sebagainya), dia akan membakar kalori lebih banyak.

Tapi, kalau kita makannya cuma 1x sehari (dengan niat diet nih ya)... Woooo tubuh kita punya asumsi yang berbeda nih kokiers... Dia akan berasumsi kita sedang di masa susah, paceklik, susah dapat makanan, sehingga saat kita memasukkan makanan dalam tubuh kita 1x sehari tadi (apalagi dengan porsi 2-3 piring sekali makanπŸ˜‚)... dia akan merespon kebiasaan kita ini dengan menyimpan cadangan makanan kalau-kalau di kemudian waktu kita bakalan kesusahan makanan lagi, dan kokiers tahu dong apa cadangan makanan untuk tubuh kita? Yup.. benar sekali.... LEMAK! Tubuh kita akan menyimpan lemak untuk berjaga-jaga kalau kita kekurangan makanan. Alih-alih turun berat badan dan ngilangin lemak... malahan nimbun lemak dong jadinya...

Lain halnya kalau kokiers makan 1x sehari, tapi dengan porsi 1 piring saja sehari.
Ini memang bisa membuat kokiers turun berat badan, tapi juga akan mempengaruhi dan mengganggu aktivitas kokiers, karena tubuh merasa sangat kekurangan nutrisi/ kalori untuk dibakar guna memenuhi kebutuhan energi dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari.

Dalam diet, maksimal kalori defisit yang diperbolehkan (jika ingin menurunkan berat badan) adalah 500 kalori per hari dari kebutuhan kalori harian kita. Sedangkan kalau mau menaikkan berat badan adalah surplus 500 kalori per hari dari kebutuhan kalori harian kita. Jadi Naik Turunnya adalah 500 kalori dari kebutuhan harian itu ya... Kalo turun lebih dari 500 kkal maka tubuh kita akan merespon negatif banget, akibatnya ya kita bisa SAKIT... Masa mau diet supaya sehat malahan bikin sakit...!

Untuk mengetahui kebutuhan kalori harian kokiers bisa lihat di TDEE Calculator.


Nah... Sekian 1 Tips Diet ala Resep Masak Gampang.
Semoga bermanfaat yaaaaa... 😁

Jangan lupa subscribe pake email ke form "Subscribe via Email" di bawah artikel ini ya Kokiers supaya jadi yang pertama dapet pemberitahuan kalo kita update artikel dong ya... 😘

Berikan Komentar

Share dong gimana hasil masakan kokiers... 😁

Lebih baru Lebih lama